Skip to content

SENANDUNGNYA SENANDUNG HIKMAH DI MAN 1 PALEMBANG

25/02/2012

Walaupun dalam Islam ada beberapa jenis kesenian yang dilarang, namun ada beberapa jenis kesenian yang tetap diperbolehkan, malah dapat berkembang dan dapat diterima dengan baik. Salah satu jenis kesenian itu adalah nasyid. Semasa nabi masih hidup, nasyid dijadikan sebagai pendorong dan pengobar semangat juang para sahabat di medan perang, sekaligus penghibur hati, agar tetap ceria dan tegar di tengah ancaman musuh. Kemunculan syair-syair di kalangan sahabat tersebut, dilestarikan kaum Muslim hingga kini, dengan niat awal yang sama: hiburan sekaligus motivator berjuang di jalan Allah Swt.

Untuk itulah, ROHIS MAN 1 Palembang (18/2/2012) mengundang tim nasyid kebanggaan Sumsel -Senandung Hikmah. Pembimbing ROHIS MAN 1 palembang, Nur Shiddiq, S. Fil, menyatakan bahwa maksud diadakannya acara ini adalah untuk hiburan sekaligus memotivasi semua warga MAN 1 Palembang, terutama mengenalkan nasyid itu sendiri kepada siswa-siswinya. Dalam kesempatan ini, Senandung Hikmah, membawakan beberapa lagu, diantaranya : Keagunganmu, Sholawat nabi, Allah Ya Karrom, dan lain-lain. Tak kurang dari tujuh lagu mereka bawakan dan sukses menghibur seluruh warga MAN 1 Palembang.

Nasyid secara harfiah berarti “senandung”, “nyanyian”, atau “lagu”. Akar kata nasyid sendiri adalah nasyd, artinya hymne (nyanyian pujian, puja-puji).  Dengan demikian, asal makna nasyid adalah senandung pujian atau sanjungan, dalam hal ini sanjungan kepada Allah, Rosulullah Saw dan para sahabatnya, serta keluhuran syariat Islam. Pelakunya (penyanyinya) disebut munsyid.

Senandung Hikmah ini terdiri dari 4 orang personil (munsyid) yaitu : Usep Teisnajaya, Edi Purnomo, Abdillah Husein dan Mashuri. Mereka ternyata tidak hanya piawai membawakan lagu, ternyata mereka juga mampu mencairkan suasana dengan bertindak sebagai host quiz yang atraktif, yaitu memberikan beberapa pertanyaan yang apabila dijawab dengan benar akan mendapat hadiah sponsor. Mereka juga mengajarkan beberapa teknik menyanyi yang baik yang dinamakan harmonisasi sehingga sebuah lagu dapat terdengar dengan indah. Secara keseluruhan, acara yang berlangsung sekitar 3 jam ini berlangsung dengan meriah dan menarik.

Acara ini sendiri dapat terlaksana berkat kerjasama beberapa sponsor, yaitu : Indosat, Indofood, Mustika Ratu, Rabbani, dan ROHIS MAN 1 Palembang. Selain menampilkan grup nasyid Senandung Hikmah, ROHIS MAN 1 Palembang juga menampilkan grup nasyid MAN 1, Band MAN 1 yang kesemua anggotanya adalah siswa MAN 1 Palembang itu sendiri.

One Comment leave one →
  1. 21/06/2013 6:00 pm

    Lantunan Nasyid mendekatkan kita kepada Allah SWT, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: