Skip to content

PERINGATAN NUZULUL QUR’AN 1432 H DI MAN 1 PALEMBANG BERLANGSUNG MERIAH

19/08/2011

Auditorium atau biasa disebut juga gedung serba guna MAN 1 Palembang kembali dipadati siswa siswinya pada tanggal 18 Agustus 2011. Kali ini acara yang diadakan di auditorium ini adalah peringatan Nuzulul Qur’an. Agak berbeda dengan peringatan Nuzulul Qur’an tahun lalu, peringatan tahun ini diselenggarakan agak pagi dari biasanya. Hal ini dikarenakan setelah peringatan Nuzulul Qur’an ini, beberapa agenda yang belum terlaksanakan harus segera dikebut mengingat dalam beberapa hari kedepan siswa sudah akan menghadapi liburan Idul Fitri yang diperkirakan berlangsung selama dua minggu.

Penceramah di tengah siswa siswi MAN 1 Palembang

Penceramah di tengah siswa siswi MAN 1 Palembang

Acara peringatan Nuzulul Qur’an kali ini dimulai pukul 08.00 WIB. Acara dibuka dengan pembacaan basmalah oleh pembawa acara Syeris Nopiyanti dari kelas XII IPS 1.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh M. Shaumuddin dari kelas XI IPA 1. M. Shaumuddin sendiri memenangkan tangkai lomba MTQ pada acara lomba tujuhbelasan di MAN 1 tanggal 16 Agustus yang lalu.

Selanjutnya adalah kata sambutan Kepala MAN 1 palembang yang dalam hal ini diwakili oleh wakil kepala bidang kurikulum, yaitu Baheramsyah, S. Ag.

Setelah rangkaian acara seremonial tersebut, siswa-siswi dihibur dengan penampilan vokal grup MAN 1 Palembang dibawah asuhan Dra. Wiwin Agustina. Siswa siswi yang tergabung dalam vokal grup ini adalah : Dewi Khasanah, Fachrul Rozi, Denny Bachtiar, Denny Sugianto, Yulia Sari, Meilani,  Nabilah, (XII IPA 1), Tomi (XII IPS 2), M. Rizki faiz dan Antomi (XII IPA 3). Adapun lagu yang dibawakan adalah SurgaMu,  akhirnya yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh penonton.

Acara intipun tiba, yaitu ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz K. H. Hasanuddin Hain. Penceramah sendiri dulunya pernah bersekolah di MAN 1 palembang, semasa MAN 1 berada di Pakjo. Dalam ceramahnya ini, Ustadz Hasanuddin menjelaskan tentang asal kata Nuzulul Qur’an itu sendiri, yaitu dari kata Nuzul=nazala yang artinya telah turun, Al yang menunjuk pada artian khusus dari sesuatu dan Qur’an=qoro’ah yang artinya bacaan. Jadi secara harfiah, Nuzulul Qur’an artinya telah turun bacaan khusus ummat Islam. Al Qur’an sendiri mengandung beberapa pengertian, yaitu : bacaan khusus yang berbahasa Arab, Firman Allah (kalamullah), petunjuk umat dan membacanya adalah ibadah.

Lebih lanjut, ustadz yang sehari-harinya bekerja sebagai tenaga pengajar di Pondok pesantren Ar-riyadh sebagai guru bahasa Arab dan bahasa inggris ini mencermati manfaat dari Al qur’an itu sendiri, yaitu sebagai perbaikan aqidah, perbaikan ibadah dan yang terpenting adalah perbaikan akhlak.

Acara ditutup dengan do’a dan pembacaan hamdalah.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: