Skip to content

Pesantren Ramadhan di MAN 1 Palembang

15/08/2011

Auditorium MAN 1 Palembang kembali dipadati oleh siswa-siswi yang melaksanakan pesantren kilat. Kali ini giliran kelas XII yang melaksanakan pesantren kilat. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 8 sampai tanggal 10 Agustus 2011.  Sementara untuk kelas XI, pesantren kilat  akan dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai tanggal 13 dan untuk kelas X akan dilaksanakan 18 sampai 20 Agustus 2011.

Setelah diadakan pengajian massal, siswa-siswa kelas XII yang melaksanakan pesantren kilat ini dibagi atas tiga kelompok, yaitu : kelompok Abu Bakar, kelompok Umar Bin Khatab dan kelompok Ali Bin Abi Thalib. Oleh karena itu, pihak sekolah menyediakan tiga tempat berbeda untuk melaksanakan kegiatan ini, yaitu di auditorium sendiri, di mushalla dan di ruang kelas XII IPS.

Setelah dibagi atas tiga kelompok kecil ini, siswa mendapatkan materi keagamaan yang berbeda secara bergiliran. Materi-materi tersebut adalah Pengurusan jenazah yang disampaikan oleh Ibu Fathiah, S. Pd. I, Tahlil, materi tahlil dan doa yang disampaikan oleh bapak Drs. Fauzan Berlian dan materi tentang barzanji dan marhabah yang disampaikan oleh Bapak Rifki, S. Ag.

Pak Rifki mengajar barzanji dan marhabah

Pak Rifki mengajar barzanji dan marhabah

Adapun untuk kelas XI, pemateri yang mengajar adalah : Atikah Musdalifah (mengajar barzanji dan marhabah), Drs. Siharuddin (mengajar tahlil dan do’a) dan Dra. Delima (mengajar pengurusan jenazah). Sementara di kelas X, pemateri yang mengajar adalah : Dra. Helly Siswana (mengajar barzanji dan marhabah), Eva Irsyadah, M. Pd. I (mengajar tahlil dan do’a) dan Siti Zuriah, S. Ag (mengajar pengurusan jenazah).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tiap tingkatan berbeda ini dimaksudkan agar siswa dapat lebih fokus dalam mempelajari dan memahami materi-materi yang diajarkan dalam pesantren kilat ini sehingga ketika mereka dilepas ke masyarakat, maka siswa-siswi ini dapat menjadi pemimpin pada kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: