Skip to content

Penerimaan Siswa Baru di MAN 1 Palembang

18/05/2011

MAN 1 Palembang sebagai wadah pendidikan setaraf  SMA adalah madrasah Aliyah yang pertama kali didirikan di Sumsel. Mulai awal Juli 2011, MAN 1 Palembang akan mengadakan PSB (Penerimaan Siswa Baru). Siswa siswi yang telah tamat MTs/SMP sederajat bisa mendaftar ke MAN 1 Palembang yang berlokasi di Jalan Gubernur H.A.Bastari Kecamatan Seberang Ulu I Kelurahan 15 Ulu Jakabaring Palembang. Agak sedikit berbeda dengan penerimaan siswa baru dengan tingkat SMA, penerimaan siswa baru di MAN 1 Palembang tidak berdasarkan rayon. Artinya siswa dari rayon manapun boleh mendaftar ke MAN 1 Palembang dengan syarat, siswa yang ingin mendaftar harus membawa beberapa kelengkapan, seperti : bukti lulus, pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar dan ukuran 3 x 4 juga sebanyak 2 lembar.

Walaupun pendaftarannya lintas rayon, tidak berarti mutu diabaikan. Tes masuk akan tetap ada. Sebagai informasi, pada tahun ajaran 2010-2011 yang lalu, siswa yang mendaftar di MAN 1 adalah sebanyak 377 orang sedangkan yang berhasil diterima adalah sebanyak 180 orang.

Adapun materi yang akan diujikan ada yang berupa tes tertulis, dan ada yang berupa tes praktek. Materi untuk tes tertulis adalah : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS dan Agama, sedangkan materi tes praktek adalah praktek solat dan baca Qur’an. Jadi calon siswa siswi MAN 1 bisa dipastikan telah mampu untuk membaca Al Qur’an.

Tes praktek keagamaan ini sendiri adalah sebagai salah satu ciri dari madrasah. Siswa yang akan diterima di MAN 1 Palembang akan belajar tentang pembelajaran yang umum juga pembelajaran agama yang terbagi atas pelajaran Qur’an hadist, Aqidah akhlak, fiqih dan sejarah kebudayaan Islam dalam lingkungan yang islami. Setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, semua siswa membaca Al Qur’an. Khusus untuk hari jum’at, diadakan pembinaan khusus untuk membentuk kepribadian dan akhlakul kharimah. Madrasah juga mewajibkan siswa perempuan untuk memakai jilbab sebagai salah satu identitas muslim.

Walaupun kapasitas pembelajaran agama menempati porsi lebih dari sekolah pada umumnya, namun pelajaran yang lain tetap diperhatikan. Ini terbukti dari beberapa prestasi yang pernah diraih oleh MAN 1 Palembang di bidang sains, seni, bahasa, olahraga dan kepramukaan selain dari bidang keagaaman itu sendiri. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh MAN 1 Palembang diantaranya : juara I putra MTQ se-kota Palembang tahun 2008, Juara II festival foto dan desain grafis sekota Palembang tahun 2009, Juara III Putra Lomba Hasta Karya Pramuka se-Sumsel tahun 2009, juara III lomba marching band se-Sumsel tahun 2010, juara I kuis Bank sumsel Babel brillian tahun 2010, juara II Kompetisi Roket Air Daerah (KRAD) se-Sumsel tahun 2010, Juara III Pameran Kreativitas Sains se-Sumsel tahun 2010, Juara Harapan III Lomba Cipta Karya Pelajar pada festival sains se-Sumsel tahun 2010, dan juara I penulisan cerpen pada festival 1 Muharram 1432 H tahun 2010

3 Komentar leave one →
  1. risma permalink
    01/06/2011 9:30 am

    maaf, bisa ditulis lebih jelas lagi gak persyaratan penerimaan siswa baru d man 1 palembang, dan sampai tgal berapa batas pendaftaran nya. tolong di balas. terima kasih sebelumnya

  2. muhammad al-faisal permalink
    10/06/2011 10:58 am

    saya mau menanyakan,apakah bisa sya pindah k man1 plg dr ma swasta (ma al-fatah plg), alasan saya ingin pindah ke man1 plg ialah d karnakan selama saya sekolah d sna sya merasa tdk nyaman n tempat sklh sya yg lama amat jauh dri rumah sya. (jwb k email sya )

  3. Ayik permalink
    08/07/2011 11:29 am

    Sayang Pengumuman Penerimaan Siswa Baru 2011nya tdk nampil di Net.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: