Skip to content

PERPISAHAN SISWA MAN 1 BERLANGSUNG MERIAH

12/05/2011

Palembang, MAN 1

Hari Sabtu, 7 Mei 2011 merupakan hari yang istimewa untuk seluruh civitas akademika MAN 1 Palembang, terutama bagi siswa kelas XII, karena pada hari itu MAN 1 Palembang mengadakan acara perpisahan siswa kelas XII. Sejak pukul 7 pagi siswa telah memadati auditorium MAN 1. Beberapa persiapan, seperti berdandan dan pasang kostum tampak dilakukan oleh siswa siswi yang akan memeriahkan acara tersebut.

Pukul 8 acara pendahuluan dimulai. Pada sesi pendahuluan ini, perwakilan siswa siswi dari kelas X, XI dan XII mengisi acara dengan menyumbangkan sebuah lagu, dimana pemain bandnya juga berasal dari masing-masing kelas yang ditunjuk tersebut . Dalam sesi acara ini, para siswa menunjukkan kepiawaiannya dalam memainkan alat musik, seperti gitar, drum dan orgen serta kepandaian dalam menyanyikan lagu bergenre pop maupun dangdut. Hal ini mengundang tepuk tangan yang meriah bagi penyumbang lagu dan bandnya. Para gurupun tak mau kalah dengan siswanya. Sebuah lagu disumbangkan secara duet oleh Bu Wiwin dan Pak Beni.

Penampilan Band kelas X dan XI

Penampilan Band kelas X dan XI

Beberapa tamu kehormatan tampak mulai berdatangan pada acara perpisahan ini, yaitu Kabag TU kemenag Sumsel, Bapak Drs. Ridwan, MM ; Kepala Mapenda kemenag Sumsel, Bapak Drs. Fauzi, MM ; Kasi Mapenda kemenag Palembang, Bapak Drs. Izzi Teguh ; Pengawas MAN 1 Palembang, Bapak Drs. Syakri Garib ; Kepala MAN 2 Palembang, Bapak Drs. Untung dan Pengawas-pengawas yang sebelumnya pernah bertugas di MAN 1 Palembang, Bapak Drs. Nawawi, Drs. Siharuddin dan Drs. Mujammil. Beberapa tamu dari wali siswa juga sudah mulai berdatangan.

Tamu kehormatan yang hadir pada acara perpisahan MAN 1 Palembang

Tamu kehormatan yang hadir pada acara perpisahan MAN 1 Palembang

Tepat pukul 10, acara inti dimulai. Acara ini dibawakan oleh tiga orang MC, yaitu Seris dari kelas XI IPS 1, Wijaya Kusuma dari kelas XI IPA 1 dan Sevi dari kelas X.1. Masing-masing MC menggunakan bahasa berbeda dengan cukup fasih, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Pembawa Acara, dari kiri ke kanan : Seris, Wijaya dan Sevi

Pembawa Acara, dari kiri ke kanan : Seris, Wijaya dan Sevi

Acara inti dibuka dengan tari khas Sumsel, yaitu tari Tanggai yang dibawakan oleh Nira (XI IPA 2), Richa (XI IPS 1), Dania Monalisa (X.1). Tari tanggai ini sendiri disambut tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

Tari Tanggai

Tari Tanggai

Acara Selanjutnya adalah tilawah Al Qur’an yang dibawakan dengan khidmat oleh Shaumuddin (XI IPA 3).

Qori’ Shaumuddin dari kelas XI IPA 3

Qori’ Shaumuddin dari kelas XI IPA 3

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua OSIS, Fadli dari kelas XI. Dalam kata sambutannya, Fadli mengucapkan terimakasih atas segala bimbingan dari para seniornya di kelas XII itu serta akan meneruskan bimbingan yang baik untuk para adik kelas yang kelak akan masuk ke MAN 1 Palembang. Dia juga mengucapkan akan mendoakan para seniornya tersebut agar dapat lulus 100 % serta dapat meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar dapat mewujudkan cita-cita mereka. Hal ini diaminin oleh seluruh siswa kelas XII yang hadir pada acara perpisahan tersebut.

Acara berikutnya adalah hiburan oleh Annisa dkk yang tergabung dalam grup vokal MAN 1 Palembang. Grup yang terdiri dari 19 orang ini membawakan lagu Himne guru yang diselingi dengan puisi dan pemberian bunga kepada para tamu undangan.

Selanjutnya adalah sambutan dari siswa yang merupakan perwakilan kelas XII, yang diwakili oleh Nur Aldilah Julita dari kelas XII IPA 2. Dengan semangat yang berapi-api dan kata-kata tanpa teks, Nur Aldilah mengajak teman-temannya dari kelas XII untuk saling mendoakan agar mereka dapat lulus 100 %. Dia juga mengingatkan teman-temannya untuk tidak melakukan aksi sia-sia seperti mencoret-coret baju atau konvoi di jalan setelah kelulusan, karena kelulusan dari masa putih abu-abu hanyalah tangga pertama dari sederet tangga menuju kesuksesan. Nur Aldillah yang sering menjuarai lomba pidato ini juga menyelingi kata sambutannya dengan beberapa pepatah berbahasa Inggris. Nasehatnya ini disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para hadirin. Bahkan kepala TU kemenag Sumsel, Bapak Drs. Ridwan, MM serta kepala MAN 1 Palembang, Ibu Dra. Hj. Selfi Ariani, MM berkenan menyalami siswa tersebut setelah memberikan kata sambutannya.

Wakil siswa kelas XII, Nur Aldillah Julita

Wakil siswa kelas XII, Nur Aldillah Julita

Setelah kata sambutan dari perwakilan siswa kelas XII, giliran wali siswa yang memberi kata sambutan yang diwakili oleh Bapak Abdurrahman, S. Pd. Dalam kata sambutannya sebagai wali siswa, beliau menyatakan terima kasih yang tak terhingga untuk seluruh guru yang telah membimbing anak-anak mereka sehingga pada saat ini siswa kelas XII tinggal menunggu kelulusan yang diharapkan dapat mencapai 100 %. Beliau juga meminta maaf jika dalam pendidikan anak-anak mereka terdapat kata-kata dan perbuatan dari anak-anak tersebut yang kurang berkenan di hati para guru.

Wakil wali siswa, Bapak Abdurrahman, S. Pd

Wakil wali siswa, Bapak Abdurrahman, S. Pd

Seluruh hadirin kemudian dihibur dengan tarian Ya Saman yang dibawakan oleh Nira (XI IPA 2), Richa (XI IPS 1), Rahma (XI IPA 3) dan Cindi (XI IPA 2). Lenggak lenggok mereka menghangatkan suasana sehingga hadirin memberikan tepuk tangan yang meriah.

Tarian Ya Saman

Tarian Ya Saman

Selanjutnya Kepala MAN 1 Palembang, Ibu Dra. Selfi Ariani, MM memberikan kata sambutannya. Beliau menyatakan bahwa siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) di MAN 1 Palembang adalah sebanyak 135 siswa yang diharapkan dapat lulus 100 %. Hal ini, tegas beliau, tidaklah muluk karena siswa kelas XII MAN 1 Palembang telah melalui pembelajaran di sekolah ditambah pelajaran tambahan serta beberapa kali try out yang bekerja sama dengan pihak bimbel. Seluruh program yang telah dicanagkan oleh pihak madrasah tidak akan berjalan lancar jika tidak dibantu oleh banyak pihak. Ibu Selfi meminta bantuan para wali siswa untuk dapat bekerjasama dalam membentuk kepribadian anak-anak MAN 1 Palembang karena masa mereka di sekolah tiap harinya hanya sekita 7,5 jam sedangkan sisanya adalah di rumah. Selain itu, Bu Selfi juga meminta dukungan tambahan sarana dan prasarana dari pihak kanwil kemenag yang berwenang. Terakhir beliau menyatakan terima kasih kepada wali siswa yang telah mempercayakan anaknya untuk dididik di MAN 1 Palembang serta meminta maaf jika dalam pelaksanaan pendidikan tersebut ada kata atau perbuatan yang kurang berkenan.

Kepala MAN 1 Palembang, Dra. Hj. Selfi Ariani, MM

Kepala MAN 1 Palembang, Dra. Hj. Selfi Ariani, MM

Setelah kata sambutan dari kepala MAN 1 Palembang, kata sambutan selanjutnya adalah dari wakil kemenag provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh kabag TU yang juga dulunya adalah guru MAN 1 Palembang, yaitu Bapak Drs. Ridwan, MM. Beliau menyatakan kekagumannya pada Bu Selfi yang baru menjabat sebagai kepala MAN 1 Palembang tapi telah memberikan beberapa perubahan yang cukup signifikan. Menyambung ucapan Ibu Selfi, Pak Ridwan menyatakan bahwa pihak kemenag sumsel akan memberikan bantuan berupa penambahan bangunan untuk lokal kelas dalam waktu beberapa tahun kedepan. Pak Ridwan juga menyatakan kekagumannya pada wakil siswa kelas XII, Nur Aldillah yang telah memberikan kata sambutan dengan begitu bersemangat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan hiburan oleh Band MAN 1 Palembang yang digawangi oleh Gustian dkk. Dalam kesempatan ini mereka membawakan lagu dengan judul melepasmu yang dipopulerkan oleh Drive.

Grup Band MAN 1 Palembang

Grup Band MAN 1 Palembang

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh M Fuad Jazuli dari kelas XII IPA 1 yang dilanjtkan dengan salam=salaman dengan para guru.

Doa oleh Fuad Jazuli

Doa oleh Fuad Jazuli

Salam-salaman dengan para guru

Salam-salaman dengan para guru

untuk galeri foto dari acara perpisahan ini, silahkan klik di sini

Ada sekitar 200 foto lho. Siapa tahu foto kamu ada di sini ! :D

4 Komentar leave one →
  1. deni sugianto permalink
    22/05/2011 8:44 pm

    koq foto musikalisasi puisi gx ada yyaaach….??????

  2. 08/07/2011 11:12 pm

    sesuatu yang sungguh tak ternilai . . .

  3. 28/01/2013 3:19 pm

    kangen masa2 sma😦

  4. M insan budiman permalink
    25/05/2013 12:38 am

    Mantep man 1 smoga tetap jaya amien aminamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: