Skip to content

Pesantren Kilat Ramadhan

29/08/2010

Palembang, MAN 1

Tak terasa Ramadhan telah berlalu lebih dari setengah bulan. Walaupun dengan durasi jam pelajaran yang diperpendek dari 45 menit menjadi 30 menit untuk satu jam pelajaran, kegiatan belajar di bulan penuh berkah ini tetap berjalan dengan baik.

Dan untuk menambah ketakwaan di bulan Ramadhan ini, MAN 1 Palembang menyelenggarakan pesantren kilat yang digelar sejak tanggal 23 Agustus sampai dengan 1 September 2010, dengan pembagian sebagai berikut : tanggal 23 sampai 25 Agustus 2010 adalah waktu untuk siswa kelas X, tanggal 26 sampai 28 Agustus 2010 adalah waktu untuk siswa kelas XI dan tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2010 adalah waktu untuk kelas XII. Jadi, ketika siswa kelas X mengadakan pesantren kilat, siswa kelas XI dan kelas XII belajar di kelas seperti biasa. Demikian pula jika siswa kelas XI mengadakan pesantren kilat, maka siswa kelas X dan kelas XII belajar seperti biasa dan seterusnya.

Adapun materi-materi yang diajarkan di pesantren kilat ini adalah barzanji, tahlil dan mengurus jenazah. Pemateri barzanji adalah Pak Drs. H Hayanudin, Pak rifki, S. Ag, dan Pak Nurshiddiq, S. Fil. Pemateri untuk tahlil adalah Pak Drs. Fauzan Berlian, Bu Ribhah, S. Pd. I serta serta Pak Taufik Marzuki, M. Ag. Sedangkan materi mengurus jenazah di sampaikan oleh Bu Dra. Delima, Pak Beny, S. Pd. I dan Bu Fathia, S. Pd. I.

Bu Fathia menyampaikan materi mengurus jenazah

Bu Fathia menyampaikan materi mengurus jenazah

Pak Taufik menyampaikan materi tahlil

Pak Taufik menyampaikan materi tahlil

Agar materi-matari yang diajarkan dapat diserap dan dengan efektif, maka siswa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok Abubakar, kelompok Umar dan kelompok Ali. Oleh karena itu tempat pesantren kilat juga dipecah menjadi tiga tempat, yaitu di Auditorium, di Musholla dan di ruang multimedia. Pihak madrasah mengharap agar dengan dilakukannya kegiatan pesantren kilat ini, siswa siswi MAN 1 dapat mengaplikasikan ketiga materi tersebut dengan baik ketika sudah berada di masyarakat. Dengan demikian, MAN 1 Palembang tetap dapat mempertahankan ciri khasnya sebagai bagian dari lembaga pendidikan yang mengedepankan keagamaan, yaitu unggul di tidak hanya di pengetahuan umum tapi juga bidang keagamaan.

2 Komentar leave one →
  1. 04/09/2010 10:52 pm

    Wah tambah keren neh proses pembelajaran yang ada di MAN 1 Plg..semoga menjadi semakin maju di masa mendatang.
    Salam kangen untuk civitas akademika yang ada di MAN 1, dan selamat menjalankan ibadah puasa dan menyambut idul fitri. ( Ahmad Yahdiani, mahasiswa PPL dari IAIN 2009-2010)

  2. 05/09/2010 7:07 am

    bu Fatiah lagi ngapain tuh???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: