Skip to content

Peringatan Isra’ Mi’raj dan Memotivasi Diri Menuju Lebih Baik

28/06/2010

Palembang, MAN 1

Kembali auditorium MAN 1 Palembang dipadati oleh segenap civitas akademika MAN 1, yaitu siswa siswi kelas X dan XI, serta guru-guru dan staf tata usaha. Kali ini, acara yang diadakan di auditorium tersebut adalah peringatan Isra’ Mi’raj Nabi besar Muhammad SAW. Isra’ Mi’raj sendiri jatuh pada tanggal 10 Juli 2010. Namun karena pada tanggal tersebut sekolah masih libur, maka MAN 1 Palembang berinisiatif untuk memperingati hari Isra’ Mi’raj tersebut pada hari Jum’at tanggal 25 Juni 2010.

Acara dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan dibuka dengan acara pembuka berupa membaca sholawat atas Rasul yang dipimpin oleh Bapak Nurshiddiq. Siswa siswi MAN 1 menyambut dengan antusias seruan tersebut dan bersama-sama dengan Bapak Nurshiddiq menyenandungkan sholawat dengan semangat.

Acara pembuka selanjutnya adalah ceramah yang disampaikan oleh Ridwan, dari kelas X.2. Dalam ceramahnya ini, Ridwan mencermati kurangnya rasa syukur manusia terhadap Tuhannya. Melalui ceramahnya, beliau juga berpesan agar hadirnya peristiwa Isra’ Mi’raj ini dapat meningkatkan keimanan kita umat muslim kepada Allah SWT.

Ridwan, penceramah dari kelas X.2

Ridwan, penceramah dari kelas X.2

Acara inti baru dimulai sekitar pukul 09.20 WIB. Acara dibawakan secara bilingual, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Adapun yang bertindak sebagai pembawa acara adalah Nur Aldillah Julita yang membawakan acara dalam Bahasa Inggris dan Mona Khorunnisah yang membawakan dalam Bahasa Indonesia. Kedua pembawa acara berasal dari kelas XI IPA 2.

MC, Mona dan Dillah

MC, Mona dan Dillah

Acara inti dimulai dengan membaca basmalah. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh M. Fuad Jazuli dari kelas XI IPA 1 dengan saritilawah Yulia Sari dari kelas X.5. Ayat yang dibacakan kali ini adalah Surat Al Isro’ ayat 78-84.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَى أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

And some part of the night awake for it, a largess for thee. It may be that thy Lord will raise thee to a praised estate.

وَقُل رَّبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلْطَانًا نَّصِيرًا

And say: My Lord! Cause me to come in with a firm incoming and to go out with a firm outgoing. And give me from Thy presence a sustaining Power.

وَقُلْ جَاء الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا

And say: Truth hath come and falsehood hath vanished away. Lo! falsehood is ever bound to vanish.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إَلاَّ خَسَارًا

And We reveal of the Quran that which is a healing and a mercy for believers though it increase the evil doers in naught save ruin.

وَإِذَا أَنْعَمْنَا عَلَى الإِنسَانِ أَعْرَضَ وَنَأَى بِجَانِبِهِ وَإِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ كَانَ يَؤُوسًا

And when We make life pleasant unto man, he turneth away and is averse; and when ill toucheth him he is in despair.

قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَى شَاكِلَتِهِ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَى سَبِيلاً

Say: Each one doth according to his rule of conduct, and thy Lord is best aware of him whose way is right.

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُم مِّن الْعِلْمِ إِلاَّ قَلِيلاً

They will ask thee concerning the Spirit. Say: The Spirit is by command of my Lord, and of knowledge ye have been vouchsafed but little.

Qori dan saritilawah, Fuad dan Yulia

Qori dan saritilawah, Fuad dan Yulia

Acara selanjutnya adalah kata sambutan dari kepala madrasah, yaitu Bapak Drs. Kaisar. Di dalam kata sambutannya ini, Pak Kaisar menginformasikan kepada penceramah dan hadirin yang hadir, bahwa jumlah siswa yang datang adalah sebanyak lebih kurang 300 siswa yang terdiri dari siswa kelas X dan kelas XI. Beliau juga mempunyai harapan agar siswa siswi yang hadir dapat mengaplikasikan ceramah yang akan disampaikan sehingga siswa siswi MAN 1 Palembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Kepala MAN 1, Drs. kaisar

Kepala MAN 1, Drs. kaisar

Acara inti adalah ceramah agama yang disampaikan oleh Bapak Tantowi Rahman. Ceramah yang cukup interaktif disampaikan oleh beliau. Agak berbeda dengan penceramah yang lain, Pak Tantowi menggunakan multimedia dalam menyampaikan ceramahnya, yaitu laptop dan infocus. Satu hal lagi yang menarik dari penyampaian beliau, yaitu beliau menggunakan tiga bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Pola yang disampaikan beliau juga berupa pola interaktif dengan menerapkan dialog dua arah antara penceramah dan siswa.

Penceramah, Tantowi Rahman, M. Pd. I

Penceramah, Tantowi Rahman, M. Pd. I

Pak Tantowi memulai acara dengan mengajak seluruh hadirin bersolawat atas Nabi dan berzikir kepada Allah SWT. Setelah hadirin disejukkan dengan bersholawat dan berzikir beliau mengajak para siswa untuk memahami tentang pola pikir. Beliau mencermati ada 6 hal yang harus diubah untuk membuat pola pikir yang baik, yaitu mengubah persepsi, emosi, kultur, blank intelectual, lingkungan dan egoisme. Dengan mengubah keenam hal ini beliau berharap agar pola pikir yang baik dapat terbangun sehingga Intellectual Quotient IQ, Emotional Quotient / EQ dan Spiritual Quotient / SQ pada diri seseorang dapat seimbang. Beliau lalu memberi memberi kuis interaktif dengan mengundang 2 siswa untuk lomba azan dan hadirin sendiri yang dipersilahkan sebagai jurinya. Beliau juga memperlihatkan cara berwudhu dan takbir yang baik. Acara ditutup dengan interaktif berupa pembukaan wawasan siswa dengan cara semi yoga tentang pentingnya kehadiran ibu dalam kehidupan mereka.

semi yoga

semi yoga

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: