Skip to content

Memaknai 20 Mei di MAN 1 Palembang

31/05/2010

Oleh : Mona, Nur aldillah, Winda, Abdurrahman, Mawaddah, Mega

Palembang, MAN 1

Hari kamis, tanggal 20 Mei 2010, pembelajaran di MAN 1 dilakukan seperti biasa. Tak nampak pagelaran atau sesuatu yang istimewa di hari kebangkitan nasional ini, namun siswa siswi MAN 1 tetap semangat mengikuti pembelajaran di hari itu.
Seperti biasa, pembelajaran dimulai pukul 07.00 WIB dan dibuka dengan doa. Hal ini tampak di kelas XI IPA 1 dan IPA 2. Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa.

Di kelas XI IPA 1 misalnya. Jam pelajaran pertama adalah olahraga, namun tetap saja siswa siswi di kelas ini berdoa di dalam ruang kelas terlebih dahulu dan membaca beberapa surat-surat pendek di dalam Al Qur’an. Setelah membaca doa dan surat-surat pendek, siswa segera berganti baju olahraga dan melakukan pemanasan terlebih dahulu di lapangan dengan dibimbing oleh Pak Mardianto. Karena kondisi lapangan agak sedikit licin sehabis hujan, siswa dibagi menjadi 2. Siswa putra tetap dilapangan bermain sepak bola dan voli, sedangkan siswa putri berlatih senam di auditorium. Pelajaran olahraga ini berakhir jam 08.30 WIB.

Agak sedikit berbeda yang terjadi di kelas XI IPA 2. Jam pelajaran pertama di kelas XI IPA 2 adalah kimia dibimbing oleh Bu Nurul Huda dan Bu Nurlela. Beliau masuk ke kelas dengan membawa absen, 2 buah buku paket dan sebuah dompet. Pelajaran kimia kali ini membahas tentang koloid dan dialisis serta membahas soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Adapun mata pelajaran kedua adalah biologi dengan guru pembimbing Bu Mirwani. Materi yang dibahas pada pelajaran biologi ini adalah tentang bayi tabung dan antibodi. Siswa siswi kelas XI IPA 2 ini dipersilahkan untuk menjelaskan proses terjadinya bayi tabung dan antibodi. Satu siswa menjelaskan dan siswa yang lain menyimak untuk kemudian memberikan pertanyaan kepada siswa yang menjelaskan tadi. Pelajaran biologi ditutup dengan membahas soal essay sebanyak 8 soal.
Adapun pelajaran kedua di kelas XI IPA 1 adalah kimia yang kembali dibimbing oleh Bu Nurul Huda dan Bu Nurlela. Materinyapun sama dengan materi yang diajarkan di kelas XI IPA 2, ditambah dengan pembahasan soal-soal. Pelajaran kedua ini berakhir yang ditandai dengan suara bel tiga kali sekitar pukul 10.00 WIB.

Pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 10.10 WIB adalah waktu istirahat. Sangat pendek memang, tapi sudah cukup untuk sekedar memakan makanan ringan di kantin atau melepas ketegangan setelah belajar 2 mata pelajaran.
Mata pelajaran selanjutnya yang dipelajari di kelas XI IPA 1 adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Sayang sekali guru yang mengajar berhalangan hadir, sehingga siswa siswi ini hanya mengerjakan tugas yang diberikan. Adapun di kelas XI IPA 2, mata pelajaran ketiga adalah olah raga dengan guru pembimbing yang sama, yaitu Pak Mardianto. Di kelas XI IPA 2 ini, siswa siswi kembali melakukan senam santri di auditorium dan ada juga yang bermain bulu tangkis. Pelajaran ketiga berakhir sekitar pukul 12.25 WIB yang ditandai dengan bunyi bel sebanyak tiga kali.

Dari pukul 12.25 WIB sampai pukul 12.45 WIB, kembali waktu istirahat. Siswa memanfaatkan ini dengan berbagai aktivitas, mulai dari sholat zuhur, sekedar istirahat atau bahkan aktivitas makan di kantin. Setelah 20 menit berlalu, siswa kembali ke kelasnya masing-masing.

Mata pelajaran terakhir di kelas XI IPA 1 adalah biologi dengan guru pembimbing yang sama, yaitu Bu Mirwani sedangkan mata pelajaran di kelas XI IPA 2 adalah Bahasa Indonesia. Kedua mata pelajaran tersebut berakhir pukul 14.15 WIB yang ditandai dengan bel pulang sebanyak 3 kali.

Makna 20 Mei sebagai hari kebangkitan nasional memang belum terlalu terasa dalam pembelajaran di hari itu. Pembelajaran dilakukan seperti hari-hari biasa yang lain. Namun semangat untuk terus maju, untuk terus memperbaiki diri akan terus ada dan MAN 1 Palembang sebagai salah satu majelis ilmu akan terus berbenah dan mengupayakan agar tidak hanya unggul di pendidikan keagamaan tetapi juga mampu bersaing dalam pengetahuan umum.

2 Komentar leave one →
  1. Anx ipa permalink
    04/06/2010 9:08 pm

    Maaf ya, cuma mau kritik sedikit. Kok ceritanya kayak mengarang anak SD yang cuma membandingkan antar anak IPA 1 dan IPA 2? dan tulisannya tidak terlalu kena dengan tema, kalaupun ada paling hanya beberapa persen.
    Terus, untuk anak IPSnya manaaaaaaaaaaa? Yang masuk hanya dila dan Mona terus😦. Trims

  2. 04/03/2011 2:32 pm

    Jika ingin lebih menyebarluaskan berita tentang seputar kegiatan siswa ataupun seputar kegiatan guru bisa menghubungi saya dan kita bisa masukan di “http://sumsel.kemenag.go.id” di jamin pasti lebih tersalurkan. dan bagi guru akan menambah point kredit anda itu kata hukmas Kanwil kemenag sumsel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: