Skip to content

Acara Perpisahan di MAN 1 Palembang

11/05/2010

Palembang, MAN 1

Ada pemandangan menarik di auditorium MAN 1 Palembang. Auditorium dengan luas 375 m2 yang biasanya lengang ini, pada sabtu 24 April 2010 telah penuh dengan kesibukan semenjak pagi dan telah dihias menjadi sebuah tempat pagelaran yang indah. Dengan semboyan : “perpisahan ini bukan akhir dari segalanya, melainkan awal dari sebuah perjuangan”, siswa siswi kelas XII MAN 1 merayakan hari perpisahan tahun akademik 2009-2010.

Sejak pukul 07.30, siswa sudah mulai memadati auditorium MAN 1 Palembang. Acara hiburan pembuka disuguhkan oleh perwakilan tiap kelas. Mereka membawakan lagu lengkap dengan personel band yang memainkan alat musiknya, tanpa melibatkan orang luar. Tiap kelas, mulai dari kelas X.1, X.2, X.3, X.4, X.5, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2 hingga XII IPS 3 menyumbangkan lagu dengan personel bandnya sendiri-sendiri yang mampu memainkan alat musik, mulai dari gitar, drum, sampai ke gendang. Suara riuh rendah dari siswa yang kelasnya ditunjuk oleh pembawa acara, mengawali tiap-tiap lagu.

band perwakilan kelas

band perwakilan kelas

Baru sekitar pukul 09.30 acara inti dimulai. Cukup banyak tamu undangan yang hadir, diantaranya adalah kepala bagian tata usaha kementrian agama Sumsel, Kasi supervisi dan evaluasi kementrian agama Sumsel, Pengawas Pendais MAN 1 Palembang, perwakilan Kepala MIN 2 Palembang, perwakilan Kepala MTsN 2 Palembang, Kepala Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN 1 Palembang, perwakilan Kepala SMAN 19 palembang, Kepala TK Perwanida IV, Para wali murid, serta seluruh civitas akademika MAN 1 Palembang, yaitu guru, TU, serta siswa siswi kelas X, XI, XII MAN 1 Palembang

para penonton

para penonton

Adapun pembawa adalah M. Tofan dan Anna Nofri Yanti, keduanya dari kelas X.1. Ada yang unik dari pembawa acara kali ini, yaitu digunakannya dua bahasa dalam acara perpisahan ini, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

pembawa acara

pembawa acara

Acara inti diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh M. Fuad, dari kelas XI IPA 1 dengan saritilawah Yulia Sari dari kelas X.5.

qori' dan saritilawah

qori' dan saritilawah

Setelah disejukkan dengan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an, penonton dihibur dengan suguhan tari khas dari daerah sumatera selatan, yaitu tari tanggai. Gerakan gemulai tari tanggai yang dibawakan oleh Sari (XI IPA 2), Clara (XI. IPA 1) dan Winda (XI IPA 2) mampu memukau penonton. Hal ini terbukti dengan hadirnya tepuk tangan yang meriah begitu tari selesai ditampilkan.

tari tanggai

tari tanggai

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua OSIS, yaitu Salman Al Farisi dari kelas XI IPA 1. Disini, ketua OSIS menyampaikan kata selamat kepada seluruh seniornya yang akan segera meninggalkan madrasah tercinta, MAN 1 Palembang dan berpesan agar seluruh ilmu yang telah didapat dari bangku madrasah agar tidak dilupakan ketika sudah bergabung dengan masyarakat luas.

Ketua OSIS MAN 1, Salman Al Farisi

Ketua OSIS MAN 1, Salman Al Farisi

Acara selanjutnya adalah kata sambutan dari perwakilan kelas XII, yang disampaikan oleh Seri Oktarina dari kelas XII IPA 1. Wakil kelas XII ini menyampaikan tentang peran penting seorang guru. Dengan suara lantang yang bersemangat, Seri mengutarakan bahwa guru bukanlah pahlawana tanpa tanda jasa, tetapi guru adalah pahlawan yang sangat berjasa dimana jasa-jasanya akan selalu dikenang oleh para siswanya karena kesuksesan seorang siswa adalah kesuksesan guru dalam mengajar dan mendidik.

Dalam kata sambutannya ini juga, Seri sebagai wakil dari seluruh kelas XII menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh guru atas kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh seluruh siswa kelas XII dan mengucapkan terima kasih atas segala ilmu yang telah diberikan. Selain itu, wakil kelas XII ini menyampaikan harapan agar seluruh civitas akademika MAN 1 agar tetap mampu bersaing dengan sekolah-sekolah umum ataupun madrasah-madrasah lainnya.

Terakhir, Seri berpesan kepada segenap juniornya di kelas X dan XI agar tetap menjaga nama baik madrasah dengan cara menjadi siswa siswi yang berkepribadian luhur.

Perwakilan kelas XII, Seri Oktarina

Perwakilan kelas XII, Seri Oktarina

Acara dilanjutkan dengan penampilan Vokal Grup MAN 1 Palembang, yaitu oleh Henri, dan kawan kawan. Vokal grup ini menampilkan dua buah judul lagu, yaitu “hymne guru” dan “tentang kita”. Ada yang unik dari penampilan vokal grup ini, yaitu pada saat menyanyikan lagu “tentang kita” diselingi dengan pemberian bunga kepada kepala madrasah dan kepada beberapa orang guru.

Vokal grup MAN 1 Palembang

Vokal grup MAN 1 Palembang

Setelah penampilan dari vokal grup, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari kepala madrasah, Bapak Drs. Kaisar. Pak Kaisar menyatakan bahwa jumlah seluruh peserta UAN adalah 184 orang dan tingkat kelulusan UAN selama 5 tahun terakhir adalah 100 %. Hal ini tidak lepas dari penerapan pembelajaran di madrasah yang dilengkapi dengan pelajaran tambahan tiap hari sampai jam 16.30 sore.

Lebih lanjut Pak Kaisar juga meminta maaf kepada seluruh wali atas hal-hal yang kurang berkenan dalam pembelajaran terhadap anak-anak mereka. Dan kepada seluruh siswa, Pak Kaisar berpesan agar jangan ada aksi corat coret baju, karena baju yang sudah tidak dipakai lagi, bila masih dalam kondisi baik, agar diberikan saja kepada orang yang lebih membutuhkan. Pesan yang lain adalah agar hasil belajar selama 3 tahun agar dapat diaplikasikan kepada masyarakat luas.

Kepala MAN 1 Palembang, Drs. Kaisar

Kepala MAN 1 Palembang, Drs. Kaisar

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari wali murid. Secara singkat wali murid meninta maaf atas kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh anak-anak mereka serta mendoakan agar siswa-siswi ini dapat menjadi pribadi unggul ditengah masyarakat.

wali murid

wali murid

Untuk menyemarakkan suasara, kembali penonton dihibur dengan tarian yang pernah dibawakan di acara kuis bank SUMSEL dengan penari : Sari, Clara, Richa dan Nira. Antusias penonton kembali terlihat dengan banyaknya siswa yang berjingkat untuk melihat tarian ini dengan lebih jelas atau beberapa yang meminta penari-penari tersebut berfoto bersama setelah tarian diselesaikan.

tim tari yang berfoto dengan penonton

tim tari yang berfoto dengan penonton

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan kementrian agama wilayah Sumatera Selatan, dalam hal ini diwakili oleh Kepala bagian Tata Usaha, Pak Amri, S. Ag. Beliau menyatakan bahwa anggaran pendidikan adalah sebesar 20 %. Dengan anggaran sebesar itu, maka pihak kementrian agama mengharapkan agar dana tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya supaya madrasah tidak tertinggal dengan sekolah umum lainnya. Beliau juga menyatakan bahwa diharapkan tahun 2014 seluruh guru agama di Indonesia telah sarjana, sehingga pendidikan di Indonesia akan semakin baik kedepannya.

Kabag TU kementrian agama, Amri, S. Ag

Kabag TU kementrian agama, Amri, S. Ag

Lebih lanjut Pak Amri menyatakan sangat bangga dengan adanya bilingual/dua bahasa yang dipakai dalam acara perpisahan ini. Beliau juga mengusulkan agar untuk tahun depan acara ini memakai tiga bahasa, yaitu ditambah dengan bahasa Arab.

Seusai kata sambutan tersebut, penonton kembali dihibur dengan lagu “Malam Terakhir” yang dibawakan secara berduet oleh Bu Wiwin dan Pak Beni. Duet ini mendapat disambut antusias oleh penonton. Bahkan ada dua orang siswa yang naik ke panggung sekedar untuk ikut berjoget seiring dengan alunan lagu dangdut tersebut.

Duet Pak Beni dan Bu Wiwin

Duet Pak Beni dan Bu Wiwin

Acara diakhiri dengan doa penutup yang dipimpin oleh perwakilan siswa kelas XII yaitu oleh Muji Hidayat, kelas XII IPA 1

Doa penutup oleh Muji Hidayat

Doa penutup oleh Muji Hidayat

Selesai doa, acara inti juga selesai. Namun acara hiburan masih berlanjut, diantaranya dengan salam-salaman antara siswa siswi kelas XII dengan segenap dewan guru, sesi foto dan beberapa sumbangan lagu, baik dari guru maupun dari siswa.

salam-salaman dengan guru

salam-salaman dengan guru

Pak Ari menyumbangkan sebuah lagu

Pak Ari menyumbangkan sebuah lagu

untuk galeri foto dari acara perpisahan ini, silahkan klik di sini
Ada lebih dari 100 foto lho. Siapa tahu foto kamu ada di sini !😀

3 Komentar leave one →
  1. 11/05/2010 5:46 pm

    Assalamu ‘alaikum mas.

    Salam kenal yah, saya abis mampir ke Blog mas, dan blog mas sangat bagus dan bermanfaat.

    Dan betapa senangnya saya, apabila mas mau mampir juga ke blog saya, sekalian saling menjalin silaturahmi sesama Blogger.

    Alamat Blog saya: http://bendeddy.wordpress.com

    Salam kenal,
    Dedhy Kasamuddin

  2. 17/06/2010 11:16 pm

    ass, bu…. cakmano janjinyo nak bagi2 ilmu tuh…. aku la nunggu2 aiii caknyo payah nian kalo janji samo wong sibuk neh….

  3. 22/06/2010 2:58 am

    pak… jgn bersedih…yach setiap pertemuan pastia ada perpisahan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: