Skip to content

MAN 1 Palembang Sukses Merebut Semua Kategori dalam Kuis Bank SUMSEL Babel Brilian

26/04/2010

Palembang, MAN 1

Studio TVRI SUMSEL merupakan saksi atas kemenangan siswa siswi MAN 1 Palembang dalam sebuah kuis yang bertajuk kuis Bank SUMSEL Babel Brilian. Tanggal 17 April 2010, 15 orang siswa siswi terbaik dari MAN 1 berhasil membuktikan bahwa MAN 1 Palembang tidak hanya unggul dalam bidang pendidikan keagaaman, tapi juga mampu bersaing dalam hal keilmuan secara umum. 15 orang siswa tersebut adalah : Nur Aldillah Julita (XI IPA 2), Mona Khoirunnisah (XI IPA 2), Henri (XI IPA 2) , Gustian (XI IPA 2), Arina (X 1), Yudhi (X 1), Wahyu (X 3) , Deni (X 4), Feny Anggri (XI IPA 1), Sari Novianti (XII IPS 1), Hestri Narendra (XII IPS 1), Mega (XII IPA 2), Dodi (XII IPA 2), Fahrur Rozi (X 3), Syahidah Fitriah (XI IPA 2). Kelimabelas siswa siswi inilah yang telah mengharumkan nama MAN 1 Palembang mengalahkan dua pesaingnya, yaitu SMA Unggulan Tanjung Raja dan SMA YPBI 8 Palembang. Hebatnya lagi, siswa siswi ini tidak hanya memenangkan babak final yang notabene merupakan adu kepandaian kognitif, tetapi juga dinobatkan sebagai peserta dengan yel yel terbaik yang notabene merupakan adu kreativitas.

Para peserta kuis

Para peserta kuis dari MAN 1 Palembang

Kemenangan ini sendiri merupakan buah usaha tidak hanya dari siswa siswi itu sendiri, tetapi juga usaha dari bapak ibu guru yang ada di MAN 1 Palembang. Begitu ada pemberitahuan dari pihak TVRI bahwa MAN 1 akan diundang untuk mengikuti kuis Bank SUMSEL Babel brilian, Para guru pembina osis, yaitu Ibu Sulis, Ibu Wiwin dan Pak beni langsung menyeleksi siswa MAN 1 untuk menyaring 15 siswa terbaik. Seluruh siswa yang termasuk peringkat 3 besar di kelasnya masing-masing diikutkan dalam tes tertulis. Materi tes tertulis ini adalah soal-soal seluruh mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dimana soal tersebut berjumlah 35 soal berbentuk pilihan ganda. Dari sini tersaring 26 orang siswa. Dari 26 orang siswa tersebut dipilih kembali 15 orang siswa yang tidak hanya mampu dalam bidang akademik, tetapi juga cukup kooperatif dalam membawakan yel yel yang notabene berbentuk kreasi seni. 15 orang siswa inilah yang dilatih selama sekitar 1,5 bulan baik materi pelajaran maupun latihan yel yel. Ternyata banyak kendala yang dihadapi dalam latihan tersebut sehingga beberapa kali harus diadakan pergantian personel.

Dengan mengendarai 2 mobil dan beberapa sepeda motor, pada tanggal 17 April 2010 pukul 8.30, kelima belas siswa ini dengan ditemani Pak kaisar, Pak Beni, Bu Dewi dan Bu Wiwin telah siap bersaing menuju TVRI SUMSEL. Kostum yang dipakai adalah pakaian muslim yang merupakan pakaian seragam tiap hari jum’at dan ditambah sedikit hiasan biru pada jilbab siswa putri, sangat kontras sekali dengan peserta sekolah lain yang berpakaian bebas.

Pendidikan yang diajarkan oleh guru madrasah rupanya sangat membekas di hati 15 siswa siswi terbaik MAN 1 Palembang ini. Sebelum memasuki ruangan, kelima belas siswa siswi ini berdoa, mendahulukan kaki kanan dan membaca basmalah. Sebuah aplikasi dari serombongan anak muda yang sudah jarang ditemui ditemui di masa kini.

Sebelum acara dimulai, peserta diberi pengarahan tentang bagaimana acara tersebut berlangsung. Acara ini sendiri dipandu oleh pembawa acara Rezky dan Wima. MAN 1 Palembang berada di posisi Grup B, sementara di grup A ada SMA Unggul Negeri 3 Tanjung Raja dan di grup C ada SMA YPBI 8 Palembang.

Tahap pertama dimulai dengan perlombaan yel yel. Grup A dipersilahkan terlebih dahulu, kemudian grup B dan disusul grup C. Untuk tahap kedua adalah tahap seleksi. Siswa dari masing-masing grup diberikan 5 pertanyaan memilih jawaban A atau B, dengan cara memencet tombol. Hasil dari tahap seleksi ini adalah 2 peserta terbaik dari tiap-tiap grup. Dari MAN 1 Palembang sendiri, terpilih Fahrul rozi (X 3) dan Sari Novianti (XII IPS 1). Tahap ketiga, 2 peserta terbaik dari tiap-tiap grup tadi diberi 5 pertanyaan pilihan ganda. Di tahap ini MAN 1 memimpin dengan skor 160. Tahap keempat adalah babak rebutan. Di baba ini, siswa diberi 5 pertanyaan dan MAN 1 kembali memipin dengan skor 110. Oleh karen itu, MAN 1 Palembang berhak memasuki babak bonus.

Sebelum memasuki babak bonus, MAN 1 Palembang kembali beraksi dengan menyuguhkan tari kreasi. Tari ini dibawakan oleh empat siswi MAN 1, yaitu Sari, Clara, Richa dan Nira. Ternyata pihak TVRI SUMSEL tertarik dengan tarian keempat siswi MAN 1 Palembang ini, sehingga mereka mengundang MAN 1 Palembang untuk mengisi salah satu program acara mereka yang bertajuk “tari kreasi”.

Tim tari MAN 1 Palembang

Tim tari MAN 1 Palembang

Setelah disuguhkan tarian, tibalah babak bonus yang dinantikan. Babak bonus ini juga terdiri atas 5 pertanyaan yang harus dijawab dalam dalam waktu 60 detik dan ternyata, wakil MAN 1 Palembang, Fahrul dan sari, berhasil menjawab kelima pertanyaan tersebut dan berhak mendapatkan 1 juta rupiah. Kebahagiaan kembali melingkupi para peserta dari MAN 1, ketika di penghujung acara diumumkan bahwa yel yel MAN 1 adalah yel yel terbaik. Dengan demikian, seluruh kategori dimenangkan oleh MAN 1 Palembang.

untuk galeri foto pada acara ini, silahkan klik disini

One Comment leave one →
  1. 01/05/2010 8:28 am

    sering be dapet juara cag nhe biar dikenal dimata umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: