Skip to content

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

04/03/2010

Palembang, Man 1

Sabtu, 27 Februari 2010, ada suasana berbeda di MAN 1 Palembang. Jika pada hari sabtu biasanya siswa memakai seragam pramuka, maka pada sabtu ini siswa memakai pakaian muslim yang bisanya hanya dikenakan pada hari jum’at. Hari itu siswa tidak mengalami pembelajaran di kelas, melainkan merayakan hari maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1431 H. Sejak pagi, auditorium MAN 1 Palembang dengan luas 375 m2 ini telah dipadati oleh sekitar 600 siswa siswi MAN 1 Palembang.

keadaan siswa siswi MAN 1 di auditorium

Sebelum diadakan acara inti, siswa dihibur dengan beberapa acara hiburan pendahuluan, yaitu sumbangan lagu dan ceramah. Sumbangan lagu berasal dari perwakilan  perorangan siswa, guru. dan vokal group siswa. Dari siswa yaitu kms. Fajrin dan Agus, dari perwakilan guru, Bu Wiwin dan Bu Ribhah, serta dari vokal group oleh Gustian, dkk.  Adapun ceramah agama dibawakan oleh perwakilan siswa dan siswi, yaitu oleh Ridwan dari kelas X.2 dan Laila syafri dari kelas XI IPA 1. Selain itu, lagu dan ceramah juga disumbangkan oleh mahasiswa PGRI yang sedang melakukan PPL di MAN 1 untuk semester genap Tahun ajaran 2009-2010.

vokal group MAN 1 Palembang

Acara Inti baru dimulai jam 09.30 WIB. Delapan kipas angin dinding yang terletak di samping kanan kiri aula tidak cukup mampu untuk meredam kondisi cuaca yang sudah mulai panas karena hari sudah mulai beranjak siang. Namun kondisi ini tidak mengurangi semangat siswa siswi MAN 1 untuk terus mengikuti acara perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

MC

Acara dibuka oleh MC Arina, siswi kelas X.1 yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh M. Fuad dan Laila safri dari kelas XI IPA 1. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari kepala MAN 1 Palembang, Bapak Drs. Kaisar.

Kepala MAN 1, Drs. Kaisar

Kepala MAN 1, Drs. Kaisar

Tepat jam 10.00 WIB, ceramah agama disampaikan oleh Bapak Drs. K. H Abdul Subki. Beliau menyampaikan tentang makna dari maulid Nabi Muhammad SAW dan beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa kita sebagai umatnya senantiasa disunnahkan untuk bersholawat kepadanya. Sesudah ceramah oleh Bapak Drs. K. H Abdul Subki, dilanjutkan ceramah oleh siswa, yaitu Juanda dari kelas XII IPS 3 yang menyampaikan tentang perangkap-perangkap setan.

Drs. K. H. Abdul Karim Subki

Penceramah, Drs. K. H. Abdul Karim Subki

Setelah mendapat siraman rohani berupa ceramah, siswa kembali dihibur dengan lagu dan puisi oleh Nur Adillah, dkk serta kesenian Rebana oleh kelompok siswi MAN 1 Palembang. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Taufik Marzuki, M. Ag. Acara berakhir sekitar jam 11. 00 WIB.

Dibincangi setelah acara, kepala MAN 1 Palembang, Drs. Kaisar menyatakan puas dengan keberlangsungan acara yang sukses, namun beliau menyarankan agar acara seperti ini juga dibarengi dengan adanya acara perlombaan, seperti lomba ceramah atau lomba membaca Al Qur’an. Beliau juga menyatakan selamat untuk terbitnya Blog MAN 1 Palembang ini dan berharap agar Blog MAN 1 ini dapat lebih sukses ke depan sebagai wahana pemberitaan kegiatan MAN 1 Palembang.

Dari redaksi

untuk galeri Foto bisa klik di sini


3 Komentar leave one →
  1. Irawan permalink
    06/03/2010 12:47 pm

    Ibu tmbh lg foto2ny by irawan

  2. 08/03/2010 9:44 pm

    semoga dapat diambil surio tauladannya…. dari ceramah yg disamaikan oleh Kiyai….

  3. peacefull suicide permalink
    11/03/2010 7:09 pm

    kurang setuju dengan ceramah beliau . . . !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: